Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat permainan edukatif (APE) yang valid dan praktis sebagai media bagi orang tua dalam menstimulasi kecerdasan emosional anak usia 4–6 tahun di Kelurahan Timbangan Ogan Ilir. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahapan: analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Materi dalam APE mencakup ekspresi wajah yang merepresentasikan enam emosi dasar, yaitu: gembira, sedih, marah, terkejut, terharu, dan takut. Subjek penelitian terdiri atas dua validator (ahli materi dan ahli media), serta delapan pasangan orang tua-anak. Data dikumpulkan melalui angket pada tahap awal dan dianalisis menggunakan skala Guttman untuk kebutuhan serta skala Likert untuk validasi dan kepraktisan produk. Validasi dilakukan oleh dua ahli dan diperoleh hasil “Sangat Valid” dengan persentase 96,5%. Uji kepraktisan melalui uji coba one-to-one menghasilkan skor 95,5%, dan uji coba small group memperoleh 89,5%, keduanya menunjukkan tingkat kepraktisan yang tinggi. Dengan demikian, Board Game Emosi yang dinyatakan sangat valid dan praktis sehingga layak digunakan oleh orang tua dalam menstimulasi kecerdasan emosi anak. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi yang lebih efektif dan aplikatif bagi akademisi maupun praktisi melalui APE yang telah terbukti sangat valid dan sangat praktis.
Copyrights © 2025