Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model pembelajaran Introduction, Connection, Application, and Reflection (ICARE) dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik padak pokok bahasan larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain randomized control pretest-posttest, yang dilakukan terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, yaitu memiliki rata-rata 62,94 pada kelompok eksperimen dan 42,55 pada kelompok kontrol. Selain itu peningkatan uji n-gain juga berada pada kategori tinggi yaitu 0,92 yang artinya penerapan model pebelajaran ICARE dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Peningkatan tertinggi untuk indikator pemamahan konsep terdapat pada indikator memberi contoh dan non contoh dari konsep dengan nilai n-gain 0,9, yang menunjukkan peserta didik mampu mengaitkan konsep secara konkret. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ICARE tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga berkontribusi dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna, reflektif, dan berorientasi pada pembangunan kapasitas peserta didik untuk berpikir kritis dan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan masa depan.
Copyrights © 2025