JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol. 13 No. Special_issue (2025): Integrasi Pendidikan Matematika dan Sains dalam Mendukung Sustaina

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis

Lubis, Annisa Putri (Unknown)
Maysarah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian randomized pretest-posttest control group. Populasi dalam Penelitian terdiri dari 6 kelas VII sebanyak 191 siswa, sampel dipilih menggunakan teknik random sampling yaitu 2 kelas sebanyak 60 siswa terdiri dari 30 siswa sebagai kelompok eksperimen (TPS) dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol (direct instruction). Data dikumpulkan melalui tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan independent t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai  , hal ini menyimpulkan bahwa penerapan model TPS memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa model TPS lebih efektif dalam meningkatkan kedua kemampuan tersebut. Penelitian ini mendukung pencapaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4, yaitu menjamin pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan setara untuk semua.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...