Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian randomized pretest-posttest control group. Populasi dalam Penelitian terdiri dari 6 kelas VII sebanyak 191 siswa, sampel dipilih menggunakan teknik random sampling yaitu 2 kelas sebanyak 60 siswa terdiri dari 30 siswa sebagai kelompok eksperimen (TPS) dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol (direct instruction). Data dikumpulkan melalui tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan independent t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai  , hal ini menyimpulkan bahwa penerapan model TPS memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa model TPS lebih efektif dalam meningkatkan kedua kemampuan tersebut. Penelitian ini mendukung pencapaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4, yaitu menjamin pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan setara untuk semua.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025