ABSTRAK Meningkatkan kualitas layanan di suatu organisasi nirlaba sangat penting untuk mencapai kepuasan pelanggan sehingga dapat menimbulkan kepedulian, rasa puas dan kepercayaan. Kualitas layanan yang baik dapat memberikan manfaat kepada pelanggan dan menjaga hubungan jangka panjang. Masjid Ash Shobiriin Rungkut, Surabaya telah menerapkan layanan yang baik kepada jemaahnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 102 jemaah yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Temuan ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan jemaah hal ini dibuktikan analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa 84.6% kepuasaan jemaah mampu dijelaskan oleh kualitas layanan. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 15.4% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial (individu) pada variable tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan jemaah. Hasil penelitian ini berimplikasi bahwa pengurus masjid seharusnya memberikan kualitas yang baik dalam memberikan layanan kepada jemaah masjid sehingga dapat memberikan efek yang baik bagi masjid. Kata Kunci : kualitas layanan, kepuasan, masjid
Copyrights © 2025