CJPP
Vol. 12 No. 02 (2025): Character Jurnal Penelitian Psikologi

Hubungan Antara Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi TikTok

Wahidah, Anfiyah Zahrotul (Unknown)
Khoirunnisa, Riza Noviana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2025

Abstract

Manajemen waktu adalah suatu kemampuan yang digunakan oleh seseorang untuk merencanakan, mengatur serta memanfaatkan waktu secara efektif dalam menjalankan aktivitas akademik. Sedangkan prokrastinasi akademik merupakan kecenderungan mahasiswa dalam menunda menyelesaikan tugas atau aktivitas akademik yang seharusnya dilakukan dalam waktu tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa pengguna aplikasi tiktok. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang diukur dengan dua skala, yakni skala manajemen waktu berdasarkan teori Therese Hoff Macan dan skala prokrastinasi berdasar pada teori Svartdal & Steel. Responden dalam penelitian ini adalah Mahasiswa di Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan secara online dengan pengumpulan data melalui google form. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode  sampling insidental  dan diperoleh subjek sebanyak 385 Mahasiswa. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji korelasi pearson. Berdasarkan hasil olah data, diketahui bahwa terdapat korelasi negatif yang signifikan antara manajemen waktu dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa pengguna aplikasi Tiktok yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,540, yang artinya manajemen waktu dan prokrastinasi akademik memiliki tingkat hubungan yang sedang. Sehingga, semakin baik kemampuan mahasiswa dalam mengatur waktu, maka semakin kecil kecenderungannya untuk menunda tugas.  Abstract Time management is an ability used by someone to plan, organize and utilize time effectively in carrying out academic activities. While academic procrastination is the tendency of students to delay completing tasks or academic activities that should be done within a certain time. The purpose of this study was to determine the relationship between time management and academic procrastination in students who use the TikTok application. This study uses a quantitative approach method measured by two scales, namely the time management scale based on Therese Hoff Macan's theory and the procrastination scale based on Svartdal & Steel's theory. Respondents in this study were students in Surabaya City. This research was conducted online by collecting data through Google Form. The sampling technique used the incidental sampling method and obtained 385 students as subjects. The analysis used is descriptive statistical analysis and Pearson correlation test. Based on the results of data processing, it is known that there is a significant negative correlation between time management and academic procrastination in students who use the TikTok application as indicated by a correlation coefficient value of -0.540, which means that time management and academic procrastination have a moderate level of relationship. Thus, the better a student's ability to manage time, the less likely they are to postpone assignments.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

character

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Character Jurnal Penelitian Psikologi is a peer-reviewed journal that covers all topics in theoretical and applied psychology that is managed by Department of Psychology, Faculty of Psychology, Universitas Negeri Surabaya. This journal is published in January, May, and September by Universitas ...