Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh Word of Mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Adapun untuk penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode kuantitatif, dengan melibatkan 93 responden konsumen sebagai sampel. Pendekatan analisis data dalam studi ini memanfaatkan perangkat lunak SPSS versi 24. Pengujian dalam penelitian ini mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, uji regresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji hipotesis yang terdiri dari uji t sercara parsial dan uji f secara simultan Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > t tabel (14,182 >1,987) dan diperkuat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > t tabel (17,335 > 1,987) dan diperkuat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Word of mouth dan kualitas produk secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung > F tabel (201,128 >3,10) dan diperkuat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan didapat persamaan regresi linier diperkuat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan didapat persamaan regresi linier berganda Y = 5,672 + 0,302 X1 + 0,554 X2 + e. Hasil nilai R-square (koefisien determinasi 0,793. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variabel Word Of Mouth (X1) dan Kualitas Produk (X2) memengaruhi variabel keputusan pembelian (Y) sebesar 79,3 %, Adapun sisanya sebesar (100% - 79,3%) = 20,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2025