Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Pengaruh Kesadaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terhadap Sanitasi Lingkungan di Sekolah Dasar Kecamatan Tenayan Raya

Mulyadi, Mulyadi (Unknown)
Yenita, Riski Novera (Unknown)
Yanti, Rifa (Unknown)
Tanberika, Fajar Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Pendidikan merupakan kegiatan yang terencana yang diwujudkan pada proses pembelajaran yang bertujuan agar siswa aktif mengembangkan potensinya, dalam proses pendidikan tidak terlepas dari lingkungan proses pendidikan dengan lingkungan memiliki hubungan erat dan tidak bisa dipisahkan. Lingkungan sekolah yang bersih merupakan salah satu unsur yang harus ada, dibina dan dikembangkan terus agar dalam proses pendidikan yang berjalan mencapai hasil yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik sampel dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh, Sampel jenuh adalah teknik penentuan sampel di mana seluruh anggota populasi digunakan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 54 responden kategori guru SD Kecamatan Tenayan Raya (Laki-laki : 19 dan Perempuan: 34). Hasil yang didapatkan yaitu terdapat pengaruh kesadaran PHBS terhadap sanitasi Lingkungan yaitu Sig. 0,000. Arah hubungan pada penelitian ini arah positif yaitu (r= 0,318), artinya semakin tinggi kesadaran PHBS, maka semakin tinggi sanitasi lingkungan, begitu pun sebaliknya semakin rendah kesadaran PHBS, maka semakin rendah sanitasi Lingkungan pada. Dengan demikian pentingnya menjadi sanitasi Lingkungan dengan meningkatkan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...