Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Dampak Infrastruktur Jaringan terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh: Sebuah Tinjauan Literatur

Lestari, Ariya Nyepi (Unknown)
Veri, Jhon (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2025

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mempercepat adopsi sistem pembelajaran jarak jauh secara global, menjadikan infrastruktur jaringan sebagai penentu kritis efektivitas pembelajaran. Tinjauan literatur ini mengkaji dampak infrastruktur jaringan terhadap efektivitas pembelajaran jarak jauh berdasarkan studi yang dipublikasikan antara tahun 2015-2025. Menggunakan metodologi systematic literature review, penelitian ini menganalisis 25 artikel relevan dari database terpercaya termasuk ScienceDirect, Springer, jurnal akademik Indonesia, dan laporan pemerintah. Temuan menunjukkan bahwa infrastruktur jaringan secara signifikan mempengaruhi efektivitas pembelajaran jarak jauh melalui tiga dimensi utama: kualitas konektivitas, kapasitas bandwidth, dan keandalan sistem. Infrastruktur yang buruk menciptakan hambatan teknis yang menurunkan keterlibatan siswa hingga 65% saat terjadi gangguan koneksi dan mengkompromikan hasil pembelajaran. Sebaliknya, infrastruktur yang kokoh memungkinkan penyampaian konten yang lancar, pengalaman pembelajaran interaktif, dan mempertahankan tingkat penyelesaian di atas 85%. Studi mengungkap kesenjangan infrastruktur signifikan di daerah terpencil (3T) Indonesia, di mana 89% sekolah mengandalkan koneksi satelit di bawah 2 Mbps. Solusi efektif meliputi model pembelajaran hybrid, pengiriman konten adaptif, dan jaringan pembelajaran berbasis komunitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...