Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV Sekolah Dasar

Wandani, Cintha Firamei (Unknown)
Juniarso, Triman (Unknown)
Wardani, Imas Srinana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD pada materi perubahan wujud benda. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk posttest only control design, yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh temuan bahwa penerapan model PBL memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan wujud benda di kelas IV UPT SD 67 Gresik. Hal ini dibuktikan melalui uji statistik parametrik T-Test, yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai ini lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga H0 yang menyatakan tidak adanya pengaruh model PBL ditolak, dan H1 yang menyatakan adanya pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diterima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...