Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD pada materi perubahan wujud benda. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk posttest only control design, yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh temuan bahwa penerapan model PBL memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan wujud benda di kelas IV UPT SD 67 Gresik. Hal ini dibuktikan melalui uji statistik parametrik T-Test, yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai ini lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga H0 yang menyatakan tidak adanya pengaruh model PBL ditolak, dan H1 yang menyatakan adanya pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diterima.
Copyrights © 2025