Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemanfaatan kebun sekolah sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di SD Inpres Armopa II SP II Bonggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebun sekolah memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA, khususnya pada konsep pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Siswa terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran di kebun, yang memungkinkan mereka mengamati proses-proses alami secara langsung. Namun, terdapat beberapa tantangan, seperti keterbatasan waktu dan fasilitas yang memadai. Secara keseluruhan, kebun sekolah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dan dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang menarik bagi siswa.
Copyrights © 2024