Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 1 (2024): irje 2024

Pemanfaatan Kebun Sekolah Sebagai Sumber Belajar IPA pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan di SD Inpres Armopa II SP II Bonggo

Ayomi, Golden Ringgo SC. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemanfaatan kebun sekolah sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di SD Inpres Armopa II SP II Bonggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebun sekolah memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA, khususnya pada konsep pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Siswa terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran di kebun, yang memungkinkan mereka mengamati proses-proses alami secara langsung. Namun, terdapat beberapa tantangan, seperti keterbatasan waktu dan fasilitas yang memadai. Secara keseluruhan, kebun sekolah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dan dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang menarik bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...