Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh sistem ketarunaan terhadap kegiatan belajar mengajar di Politeknik Penerbangan Medan. Ketarunaan merupakan pola pembinaan berbasis semi-militer yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari taruna. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis bagaimana praktik ketarunaan memengaruhi aspek kedisiplinan, keteraturan jadwal belajar, serta kesiapan mental taruna dalam menjalani pembelajaran. Data diperoleh melalui observasi non-partisipatif terhadap aktivitas taruna dan studi dokumentasi dari regulasi internal ketarunaan dan akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ketarunaan secara umum mendukung terciptanya lingkungan belajar yang tertib, terstruktur, dan berorientasi pada hasil. Namun, keterbatasan waktu istirahat dan tekanan rutinitas menjadi tantangan yang harus dikelola agar proses belajar tidak terganggu. Dengan pengelolaan yang seimbang, ketarunaan dapat menjadi landasan kuat dalam membentuk karakter taruna yang siap menghadapi dunia kerja profesional.
Copyrights © 2025