Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Tinjauan Literatur Sistematis: Pengembangan Storybook dalam Pembelajaran Sekolah Dasar (2019-2024)

Marya Ulfha (Unknown)
Woro Sumarni (Unknown)
Bambang Subali (Unknown)
Nuni Widiarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Literasi menjadi kemampuan penting dalam membangun generasi yang unggul dan adaptif terhadap perubahan zaman. Namun faktanya lapangan menunjukkan kemampuan literasi di Indonesia masih mengandung tantangan yang cukup serius, sehingga baik pemerintah maupun sekolah perlu memberikan dukungan. Untuk mengembangkan kemampuan literasi diperlukan bekal minat baca yang baik dari peserta didik. Untuk itu diperlukan media yang menarik, kontekstual, sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Salah satu media membaca yang menarik adalah storybook . Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji studi pengembangan buku cerita pada rentang tahun 2019 hingga 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) yang disusun berdasarkan alur PRISMA (Preferred Reporting Item for Systematic Review and Meta-Analyses) dengan proses pengidentifikasian (identification) , penyaringan (screening) , kelayakan (eligibility) , dan inklusi akhir (included) . Melalui tahapan tersebut sebanyak 107 artikel dieksklusi sehingga menghasilkan sintesis data dari delapan artikel yang telah memenuhi kriteria inklusi. Hasil kajian menunjukkan bahwa sebagian besar penelitian menggunakan metode R&D yang fokus pada peningkatan kemampuan literasi, minat membaca, nilai-nilai karakter dan keterampilan abad 21. Pengembangan buku cerita masih didominasi media cetak yang memadukan teks, ilustrasi berupa gambar berwarna, aktivitas dan model pembelajaran. Cerita pada buku cerita banyak memuat unsur-unsur budaya lokal, sains, materi pembelajaran, hingga integrasi nilai ketuhanan dan lingkungan. Namun, masih ditemukan berbagai keterbatasan pada pengembangan buku cerita pada aspek konten, desain visual, fitur tambahan dan teknologi dalam diagram fishbone . Melalui kajian kajian literatur sistematis ini dapat ditarik kesimpulan bahwa buku cerita merupakan media pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran Sekolah Dasar, meskipun masih memerlukan penyempurnaan pada penelitian selanjutnya. Penelitian ini memberikan landasan bagi peneliti untuk melakukan pengembangan buku cerita selanjutnya yang lebih inovatif, berdasarkan kebutuhan peserta didik dan mendukung literasi untuk memenuhi tuntutan perkembangan abad 21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...