Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Tinjauan Pustaka: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran IPA Jenjang Sekolah Dasar Tahun 2019 – 2025

Calis Meila Intantri (Unknown)
Sungkowo Edy Mulyono (Unknown)
Bambang Subali (Unknown)
Nuni Widiarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Dalam pembelajaran IPA terutama di jenjang Sekolah Dasar, sering kali siswa kesulitan dalam mencerna materi pembelajaran yang sifatnya abstrak dan belum memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai. Integrasi teknologi dalam pengembangan media pembelajaran digital menjadi salah satu strategi penting untuk menjawab tantangan pendidikan di era global. Penelitian ini menggunakan desain berupa Systematic Literature Review terhadap jurnal yang berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran interaktif untuk pembelajaran IPA pada tahun 2019-2025, yang diambil dari google scholar, scopus, maupun crossref. Dari 100 jurnal, kemudian dilakukan seleksi dengan alur PRISMA, dan ditetapkan kriteria inklusi, sehingga didapatkan10 artikel yang masuk ke dalam kriteria inklusi yang ditentukan. Hasil dari telaah jurnal ada beberapa jenis media pembelajaran interaktif yang dikembangkan untuk mata pelajaran IPA pada jenjang Sekolah Dasar, seperti VCD interaktif, Articulate Storyline, PowerPoint, Adobe Flash Professional, Canva, dan Google-Sites. Berdasarkan kajian literatur yang dilakukan, sebagian besar penelitian berfokus pada peningkatan hasil belajar IPA. Namun belum mengkaji dampak media terhadap aspek kognitif dan non kognitif yang lainnya. Sehingga sangat memungkinkan untuk melakukan penelitian dan pengembangan lebih.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...