Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Integrasi Budaya Kerja Industri dan Magang Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan

Hanifah, Lilik (Unknown)
Yovitha Yuliejantiningsih (Unknown)
Supriyono PS (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh budaya kerja industri dan program magang guru produktif terhadap mutu pendidikan di SMK Negeri se-Kabupaten Kendal. Fokus utama penelitian adalah untuk melihat sejauh mana masing-masing variabel berkontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan vokasi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Responden terdiri dari guru produktif di sejumlah SMK Negeri yang dipilih melalui teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian berupa angket yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda dan uji F. Hasil menunjukkan bahwa budaya kerja industri memberikan pengaruh signifikan terhadap mutu pendidikan dengan kontribusi sebesar 37,72%, di mana dimensi inovasi menjadi yang paling menonjol. Sementara itu, program magang guru juga berpengaruh signifikan dengan kontribusi 20,10%, dengan dimensi supervisi dan dukungan industri sebagai aspek terkuat. Secara keseluruhan, kedua variabel ini memberikan kontribusi sebesar 57,8% terhadap mutu pendidikan, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar cakupan penelitian. Temuan ini menekankan pentingnya integrasi nilai-nilai budaya kerja industri dalam proses pembelajaran serta penguatan kemitraan sekolah dengan dunia usaha dan industri melalui program magang guru yang relevan dan berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan menjadi dasar pertimbangan dalam merumuskan kebijakan peningkatan mutu pendidikan vokasi yang mendukung kebutuhan dunia kerja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...