Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran: Analisis Dampak Penggunaan Media Tiktok Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Masayu Putri Maharendra (Unknown)
Achmad Fatoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

TikTok adalah aplikasi yang saat ini marak diminati oleh orang Indonesia, terutama siswa sekolah dasar, telah menerima banyak komentar, baik positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana aplikasi TikTok digunakan oleh siswa dan bagaimana aplikasi tersebut mempengaruhi keinginan mereka untuk belajar.Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode fenomenologi. Penelitian ini melibatkan guru kelas V, siswa, dan wali murid. Melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, data dikumpulkan tentang pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menemukan bahwa sinyal yang baik, kuota internet yang memadai, dan konten yang menarik di aplikasi TikTok memengaruhi penggunaan aplikasi siswa. Penggunaan media sosial TikTok ternyata berdampak positif terhadap siswa, seperti meningkatkan motivasi mereka untuk belajar, menumbuhkan hasrat dan keinginan untuk berhasil, menumbuhkan dorongan dan kebutuhan untuk belajar, dan menumbuhkan semangat untuk belajar. Selain itu, penggunaan aplikasi TikTok membantu siswa belajar lebih banyak dan menjadi lebih kreatif. Namun, penggunaan TikTok yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan fisik dan mental.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...