Ektasi : Jurnal Ekonomi, Akutansi dan Organisasi
Vol. 3 No. 1 (2025): Edisi Bulan Agustus

Penerapan Strategi Content Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Engagement Studi Kasus pada UMKM Kuliner Apelicious di Malang

Kamal, Muhammad Mustofa (Unknown)
Anah, Lik (Unknown)
Ningsih, Lilis Sugi Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mendorong pelaku usaha, termasuk UMKM, untuk mengadopsi strategi pemasaran yang lebih kreatif dan efektif dalam meningkatkan Brand awareness dan engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi Content Marketing dalam meningkatkan Brand awareness dan engagement pada UMKM kuliner Apelicious di Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap tiga informan, yaitu pemilik usaha, manajer pemasaran, dan pengelola konten TikTok. Selain itu, data juga diperoleh melalui observasi terhadap konten yang diunggah di platform TikTok serta analisis dokumen yang berkaitan dengan performa akun resmi Apelicious. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Content Marketing yang diterapkan oleh Apelicious, melalui pembuatan konten kreatif, penggunaan hashtag yang relevan, penerapan teknik Storytelling, kolaborasi dengan influencer, serta evaluasi rutin terhadap performa konten, terbukti efektif dalam meningkatkan Brand awareness dan engagement. Strategi ini berhasil menarik perhatian audiens yang lebih luas, memperkuat citra merek, serta membangun hubungan yang lebih erat dengan konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EKTASI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal EKTASI, a national journal, provides a forum to study original articles, articles, and books from academics, analysts, practitioners, and those interested in providing literature on Economics and business studies in all aspects. Scientific articles related to, management, accounting, banking, ...