Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 4 (2025): Simposium Manajemen dan Bisnis

STRATEGI PEMESANAN SEBLAK INCES MELALUI MEDIA SOCIAL UNTUK MEMINIMALISIR ANTRIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEORI ANTRIAN (QUEUNING THEORY)

Wulandari, Khofifah (Unknown)
Putri, Sintia Anggita (Unknown)
Khoirunnisa', Anis (Unknown)
Limantara, Arthur Daniel (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis permasalahan antrean panjang di Seblak Inces yang diakibatkan oleh kesenjangan antara strategi pemasaran media sosial yang masif dan kapasitas layanan yang tidak memadai. Kondisi ini menyebabkan waktu tunggu rata-rata mencapai 45-60 menit dan potensi kehilangan 15%-20% pelanggan. Menggunakan Teori Antrean model M/M/1, ditemukan bahwa tingkat utilitas sistem saat ini (ρ) sangat tinggi, mencapai 1.625, yang mengindikasikan ketidakstabilan sistem. Sebagai solusi, diusulkan strategi pemesanan berbasis media sosial melalui Grab dan WhatsApp Business untuk mengelola arus pelanggan. Simulasi sistem usulan menunjukkan penurunan signifikan pada tingkat utilitas menjadi 0.75, pengurangan waktu tunggu rata-rata menjadi kurang dari 10 menit, serta penurunan jumlah pelanggan dalam antrean menjadi kurang dari 3 orang. Hal ini secara drastis mengurangi potensi pelanggan pergi menjadi di bawah 2%. Oleh karena itu, implementasi strategi ini sangat direkomendasikan untuk meningkatkan efisiensi operasional, kepuasan pelanggan, dan potensi penjualan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...