J-CEKI
Vol. 4 No. 5: Agustus 2025

Pendekatan Behavior dalam Konseling Kelompok pada Siswa: Studi Literatur

Nani Kuswiyanti (Unknown)
Budi Purwoko (Unknown)
Bakhrudin All Habsy (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Pendekatan behavior dalam konseling kelompok telah terbukti menjadi salah satu metode efektif dalam menangani berbagai permasalahan perilaku siswa sekolah menengah pertama (SMP), seperti prokrastinasi akademik, kecemasan belajar, dan perilaku agresif. Studi literatur ini bertujuan untuk memetakan perkembangan penelitian dalam lima tahun terakhir (2020–2025) terkait penerapan teknik-teknik behavioristik seperti reinforcement, self-management, modeling, dan token economy dalam setting kelompok di lingkungan SMP. Penelusuran dilakukan secara sistematis melalui berbagai database nasional dan internasional, dengan kriteria inklusi yang mencakup populasi usia SMP dan fokus pada penerapan konseling kelompok berbasis behavior. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan ini tidak hanya efektif secara individual, tetapi juga memberikan hasil positif ketika diterapkan dalam dinamika kelompok sosial. Namun, sejumlah kesenjangan penelitian masih ditemukan, seperti kurangnya kajian longitudinal, minimnya eksplorasi terhadap faktor usia dan latar belakang budaya, serta keterbatasan integrasi behaviorisme dengan pendekatan konseling lainnya. Studi ini merekomendasikan arah penelitian ke depan yang lebih kontekstual, sensitif budaya, dan interdisipliner guna mengembangkan praktik konseling kelompok yang lebih adaptif dan relevan bagi kebutuhan siswa SMP masa kini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...