J-CEKI
Vol. 4 No. 5: Agustus 2025

Terapi Bermain dalam Program Intervensi Dini terhadap Kemampuan Bahasa pada Disabilitas Intelektual Ringa

Rohim, Muhammad (Unknown)
Kismawiyati, Renalatama (Unknown)
Novia Megaswarie, Rosika (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keterlambatan dalam perkembangan Bahasa pada siswa disabilitas intelektual ringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas terapi bermain dalam program intervensi dini terhadap kemampuan bahasa pada anak dengan disabilitas intelektual ringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan satu subjek anak disabilitas intelektual ringan berusia 6 tahun, yang menunjukkan keterlambatan bahasa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif, seperti pemahaman perintah sederhana, pengucapan kata-kata dasar, dan perkembangan keberanian anak dalam berkomunikasi verbal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terapi bermain dalam program intervensi dini dapat mengembangkan kemampuan Bahasa anak disabilitas intelektual ringan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...