Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika bagi siswa disabilitas intelektual ringan di Sekolah Luar Biasa (SLB). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SLB Negeri Patrang Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar, membantu pemahaman konsep matematika melalui penyelesaian masalah kontekstual, serta memperbaiki kemampuan sosial siswa. Guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa melalui skenario pembelajaran berbasis masalah dengan penggunaan media konkret dan bahasa yang disederhanakan. Tantangan dalam implementasi meliputi waktu yang terbatas dan kebutuhan akan perencanaan yang matang. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL efektif digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang adaptif dan bermakna untuk siswa disabilitas intelektual ringan. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan bagi guru pendidikan khusus untuk mengembangkan pembelajaran inovatif yang responsif terhadap kebutuhan siswa.
Copyrights © 2025