J-CEKI
Vol. 4 No. 5: Agustus 2025

Identitas Merek Destinasi Likupang : Studi Kualitatif Berdasarkan Ulasan Wisatawan

Chrisna Riane Opod (Unknown)
Irvandi Waraney Ombuh (Unknown)
Patricia Steffina Mawitjere (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Pariwisata memainkan peran penting dalam pembangunan berkelanjutan, dan Indonesia, dengan sumber daya alam dan budayanya yang beragam, memiliki potensi besar. Likupang, salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (SPTD), membutuhkan identitas merek destinasi yang lebih kuat untuk meningkatkan daya saingnya. Studi ini mengkaji elemen-elemen kunci yang membentuk identitas Likupang, berdasarkan ulasan wisatawan dari Google Reviews, yang dianalisis menggunakan analisis konten kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas Likupang sangat terkait dengan keindahan alam, keramahtamahan lokal, dan potensi ekowisata berkelanjutan, sementara tantangan tetap ada dalam infrastruktur dan aksesibilitas. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya strategi branding berbasis pengalaman dalam meningkatkan posisi Likupang baik secara nasional maupun internasional, memberikan kontribusi teoretis untuk studi Identitas Merek Destinasi dan wawasan praktis untuk manajemen destinasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...