Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran SIKMA dalam meningkatkan pemahaman makna tersirat pada teks narasi dan mendeskripsikan penerapan media pembelajaran SIKMA dalam meningkatkan sikap gotong royong peserta didik kelas IV SD Ngaliyan 5. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Ngaliyan 5 Kota Semarang yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan data diperoleh melalui pretest, posttest, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa sebesar 62,15 meningkat menjadi 79,20 pada posttest, dengan peningkatan signifikan yang didukung oleh analisis uji T (nilai signifikansi 0,001 < 0,05). Selain itu, penerapan media SIKMA berbasis Canva juga meningkatkan sikap gotong royong siswa, dengan 75% siswa masuk dalam kategori baik hingga sangat baik. Media ini tidak hanya membantu siswa dalam memahami teks narasi secara lebih mendalam, tetapi juga memfasilitasi kolaborasi melalui kegiatan pembelajaran kelompok yang interaktif dan menarik.
Copyrights © 2025