Transformasi digital dalam dunia pendidikan telah menjadi kebutuhan strategis guna menunjang proses pembelajaran yang inovatif dan inklusif. Perpustakaan sekolah, sebagai pusat sumber belajar, memegang peranan penting dalam mendukung kualitas pendidikan. Namun, di SMAN 18 Kota Pekanbaru, perpustakaan masih dikelola secara konvensional dengan keterbatasan akses digital dan kurangnya integrasi teknologi dalam penyajian informasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui digitalisasi perpustakaan berbasis aplikasi flipbook. Metode yang digunakan adalah pendekatan participatory dengan tahapan: analisis kebutuhan, pelatihan penggunaan flipbook, digitalisasi koleksi pustaka, dan evaluasi dampak melalui pretest dan post-test. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman guru dan pustakawan terhadap teknologi flipbook, serta meningkatnya minat baca siswa terhadap konten digital. Pretest menunjukkan rata-rata pemahaman peserta sebesar 45%, sementara hasil post-test mencapai 86%. Keberhasilan program ditunjukkan pula oleh antusiasme pihak sekolah dalam mengembangkan konten digital mandiri. Penggunaan flipbook terbukti efektif dalam menyajikan informasi pustaka secara interaktif, menarik, dan mudah diakses oleh peserta didik. Program ini memperkuat peran perpustakaan sebagai pusat literasi digital sekolah dan memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan lingkungan belajar yang modern dan partisipatif.
Copyrights © 2025