Penelitian ini mengkaji perilaku phubbing di kalangan mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Dalam Interaksi Sosial di Kelas dan di Luar Kelas dengan teman mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Phubbing dalam Interaksi Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sosiologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan informan yang terdiri dari 7 pelaku phubbing dan 7 teman kelas yang terdampak. Menggunakan teori interaksi sosial Gillin dan Gillin, penelitian ini menganalisis bagaimana phubbing memengaruhi kontak sosial, komunikasi, dan proses sosial (asosiatif dan disosiatif) Hasil penelitian menunjukkan bahwa phubbing secara signifikan mengganggu kontak sosial langsung, merusak komunikasi efektif dengan memecah fokus dan menyebabkan miskomunikasi, mendorong proses sosial disosiatif seperti persaingan perhatian dan kontravensi serta phubbing menghambat proses sosial asosiatif termasuk kerja sama, akomodasi, dan asimilasi yang esensial untuk hubungan harmonis. Kesimpulan menunjukkan bahwa phubbing menciptakan jarak emosional dan merenggangkan hubungan pertemanan.
Copyrights © 2025