Media pembelajaran matematika di kelas III-B SDN Cikoko 03 Pagi yang digunakan kurang variatif, sehingga pembelajaran matematika terasa monoton dan membosankan bagi siswa, sehingga guru menjadi pusat kegiatan belajar, yang digunakan guru hanya berfokus pada buku siswa serta buku guru matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Timbangan Berat (Tingrat) materi satuan berat untuk siswa kelas III Sekolah Dasar, dan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran Timbangan Berat (Tingrat). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) model Dick and Carey dengan 10 tahap. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif melalui observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui penilaian dari validator ahli materi, media, dan bahasa, serta penarikan kesimpulan sebagai kelayakan media. Pada uji coba kefektifan lapangan hasil pretest mendapatkan hasil rata-rata 60,32 dan pada posttest rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 81,93. Berdasarkan hasil uji normalitas gain rata-rata pada keefektivitas media Timbangan Berat (Tingrat) adalah 0,55 yang termasuk dalam kategori keberhasilan sedang. Hasil penelitian ini meneunjukkan bahwa media pembelajaran Timbangan Berat (Tingrat) dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas III-B SDN Cikoko 03 Pagi Jakarta Selatan
Copyrights © 2025