Pengalaman belajar di kelas memiliki peran penting dalam menentukan capaian siswa, namun praktik pembelajaran yang terlalu berpusat pada buku teks sering membatasi keterlibatan aktif mereka, khususnya dalam mata pelajaran IPAS. Dengan demikian, studi ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) mempengaruhi hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN 008 Samarinda Ilir. Studi ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design dan metodologi Pre-Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif, populasi yang diteliti terdiri dari seluruh siswa kelas IV di SDN 008 Samarinda Ilir dan diambil sampel sejumlah 30 orang, dengan melakukan analisis data berupa uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample t-test. Temuan dari analisis menyatakan bahwa data penelitian terdistribusi normal. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Oleh karena itu, Ha diterima dan H0 ditolak karena nilai ini berada di bawah tingkat signifikansi 0,05. Dapat dikatakan bahwa model Teams Games Tournament (TGT) memiliki implikasi yang secara statistik signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV IPAS di SDN 008 Samarinda
Copyrights © 2025