Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas II B SDN 008 Samarinda Ilir, di mana 63% atau 17 siswa memperoleh nilai di bawah KKTP. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya variasi media pembelajaran dan keterlibatan aktif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar matematika pada materi bilangan cacah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen dan desain One Group Pretest Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 27 siswa kelas II B yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen berupa 20 soal pilihan ganda, dianalisis dengan uji normalitas dan Paired Sample T-test. Hasil menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 54,07 menjadi 70,37. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti media pembelajaran wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II. Dengan demikian, Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan cacah
Copyrights © 2025