YUME : Journal of Management
Vol 8, No 3 (2025)

Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Peternakan Sapi Handoko Agung Boyolali

Hidayat, Muhammad Taufiq (Unknown)
Susanti, Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh harga, kualitas produk, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada peternakan sapi Handoko Agung Boyolali. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang konsumen peternakan sapi Handoko Agung Boyolali. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel dengan purposive sampling atau pengambilan sampel dengan karakteristik tertentu dengan jumlah 70 sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner, observasi, dan studi Pustaka. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji: multikolonieritas, autokorelasi, heteroskedastisitas, dan normalitas. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan R2.Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua pernyataan mengenai harga, kualitas produk, word of mouth dan keputusan pembelian dinyatakan valid karena p-value < 0,05 dan reliabel karena cronbach’s alpha > 0,60. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa semua variabel telah lolos uji multikolinieritas, heteroskedastisitas, autokorelasi dan normalitas berdistribusi normal. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y = Y = -0,180 + 0,258 X1 + 0,577 X2  + 0,457 X3. Hasil uji t menunjukkan bahwa harga (X₁) kualitas produk (X₂) dan word of mouth (X₃) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada peternakan sapi Handoko Agung Boyolali. Hasil uji F diperoleh bahwa model regresi yang digunakan dalam penelitian ini sudah tepat. Hasil uji R² menunjukkan besarnya sumbangan pengaruh variabel independen terhadap dependen sebesar 77,1% sisanya 22,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti. Kata Kunci: harga, kualitas produk, word of mouth, keputusan pembelian

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...