Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan di Lapas Kelas IIA Kembang Kuning Nusakambangan. Faktor-faktor tersebut meliputi sumber daya yang tersedia, budaya organisasi yang berkembang di lapas, dan kebijakan masyarakat yang diterapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah Pegawai Lapas Kelas IIA Kembang Kuning Nusakambangan, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 responden. Analisis data diperoleh dengan menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Linear Berganda, Uji Koefisien Korelasi, Uji F (Uji Simultan), dan Uji T (Uji Parsial). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu kualitas sumber daya, budaya organisasi, dan kebijakan masyarakat secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan. Hasil uji koefisien korelasi menunjukkan bahwa kualitas sumber daya, budaya organisasi, dan kebijakan masyarakat memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap kualitas pelayanan. Sementara itu, hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R² sebesar 91,4%, kualitas pelayanan di Lapas Kelas IIA Kembang Kuning Nusakambangan dipengaruhi oleh kualitas sumber daya, budaya organisasi, dan kebijakan pemasyarakatan. Sementara itu, sisanya (8,6%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Copyrights © 2025