Journal on Education
Vol. 7 No. 4 (2025): Journal on Education: Volume 7 Nomor 4 Mei-Agustus Tahun 2025

Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Pesantren Mohamad Amin Darunnajah 15 Bengkulu

Fauzi, Ahmad (Unknown)
Muhammad Mukhlish Nasrulloh (Unknown)
Nur rochmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertuajuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran Al-Qur’an dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Pesantren Mohammad Amin Darunnajah 15 Bengkulu. Peneliti mengunakan metode kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran Al-Qur’an sudah dilakukan dengan baik melalui empat tahap: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pesantren mengunakan metode Iqro sebagai metode utama, membagi kelas sesuai kamampuan santri. Sistem pengawasan dilakukan secara ketat melalui ujian kenaikan dan monitoring kehadiran santri. Faktor yang mendukung pembelajaran Al-Qur’an adalah adanya guru-guru yang berkompeten, dukungan dari sebagian wali santri, dan tersedianya fasilitas belajar. Namun, pesantren menghadapi kendala berupa keterbatasan ruang kelas, kurangnya tenaga pengajar, fasilitas yang terbatas, dan kurangnya dukungan dari sebagaian wali santri. Kesimpulan penelitian yang peneliti lakukan adalah manajemen pembelajaran Al-Qur’an di pesantren mohammad amin darunnajah 15 bengkulu sudah berjalan dengan baik namun masih perlu perbaikan infrastruktur, penambahan tenaga pengajar, dan meningkatkan dukungan dari wali santri untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...