Penelitian ini bertuajuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran Al-Qur’an dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Pesantren Mohammad Amin Darunnajah 15 Bengkulu. Peneliti mengunakan metode kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran Al-Qur’an sudah dilakukan dengan baik melalui empat tahap: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pesantren mengunakan metode Iqro sebagai metode utama, membagi kelas sesuai kamampuan santri. Sistem pengawasan dilakukan secara ketat melalui ujian kenaikan dan monitoring kehadiran santri. Faktor yang mendukung pembelajaran Al-Qur’an adalah adanya guru-guru yang berkompeten, dukungan dari sebagian wali santri, dan tersedianya fasilitas belajar. Namun, pesantren menghadapi kendala berupa keterbatasan ruang kelas, kurangnya tenaga pengajar, fasilitas yang terbatas, dan kurangnya dukungan dari sebagaian wali santri. Kesimpulan penelitian yang peneliti lakukan adalah manajemen pembelajaran Al-Qur’an di pesantren mohammad amin darunnajah 15 bengkulu sudah berjalan dengan baik namun masih perlu perbaikan infrastruktur, penambahan tenaga pengajar, dan meningkatkan dukungan dari wali santri untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025