JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 1 (2025): Vol 13 No 2 Mei 2025

PERSEPSI MAHASISWA PERGURUAN TINGGI VOKASI TERHADAP PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING)

Setiawan, Kartiwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa perguruan tinggi vokasi terhadap pembelajaran akuntansi berbasis proyek (Project-Based Learning atau PjBL) serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Latar belakang penelitian didasarkan pada kebutuhan peningkatan kompetensi praktis mahasiswa vokasi agar selaras dengan tuntutan dunia kerja. Penelitian dilakukan di Akademi Sekretari dan Manajemen (ASM) Ariyanti, Bandung, dengan populasi 310 mahasiswa dan sampel sebanyak 175 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei menggunakan kuesioner berbasis skala Likert. Data dianalisis melalui regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap persepsi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap penerapan PjBL dalam pembelajaran akuntansi (mean = 4,01; kategori baik). Keempat variabel independen, yaitu kemudahan pemahaman materi, kolaborasi tim, motivasi belajar, dan relevansi proyek dengan dunia kerja, berpengaruh signifikan terhadap persepsi mahasiswa (p < 0,05). Faktor dominan yang memengaruhi persepsi mahasiswa adalah relevansi proyek dengan dunia kerja (β = 0,301). Model regresi juga menunjukkan bahwa 54,2% variasi persepsi mahasiswa dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam penelitian ini, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain di luar model. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan PjBL mampu meningkatkan pemahaman, motivasi, dan kesiapan mahasiswa vokasi dalam menghadapi dunia kerja. Oleh karena itu, integrasi PjBL dalam kurikulum akuntansi vokasi perlu diperkuat agar mahasiswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu menerapkan keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan industri..

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...