Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 3 (2025): July, Social Studies, Educational Research and Humanities Research.

Pemanfaatan Media Jurnalistik dalam Meningkatkan Penerimaan Materi Belajar pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Kota Tebing Tinggi

Anugrah, Tirta (Unknown)
Saragih, M. Yoserizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan media jurnalistik untuk membantu siswa berkebutuhan khusus di SLB Negeri Kota Tebing Tinggi memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Media jurnalistik, seperti berita, infografis, dan video edukasi, menyajikan informasi yang nyata, menarik, dan mudah dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus, melibatkan guru, siswa, dan pihak sekolah. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa media jurnalistik yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa mampu meningkatkan pemahaman materi, membuat siswa lebih aktif, dan membantu mereka mengingat informasi lebih lama. Penelitian ini menyarankan agar media jurnalistik digunakan secara terencana di SLB untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...