Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal Manajemen Retail Indonesia

Analisis ‘Four Driven in Buying Behavior’ sebagai Dasar Preferensi Konsumen untuk UMKM

Dwitarwasto, Toto (Unknown)
Chakim, Mochamad Heru Riza (Unknown)
Fong, Joan (Unknown)
Abyantoro, Dody (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini akan menganalisis Empat Dorongan Utama (Four Driven) didalam Preferensi Konsumen yang terdiri dari Inner Driven, Physical Driven, Social Driven dan Financial Driven dalam preferensi Konsumen untuk melihat dorongan mana yang lebih intens dalam satu sektor pasar UMKM, sehingga para pelaku UMKM bisa memprediksi strategi apa yang akan diambil baik dari sisi penyediaan barang dan jasa ataupun strategi bisnis marketing dan penjualannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dimana dimulai dengan penjelasan teknik pengambilan survey , pencatatan dan pengolahan survey pada group responden terpilih, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan tabel Four Driven in Buying Behavior dengan Teknik Konversi, setelah itu dilakukan skor penilaian hasil Konversi, lanjut dengan Analisa Statistik Rata-rata secara Mean Average dan Weighted Average untuk mendapatkan Nilai Persentase Akhir sampai tahap terakhir dengan visualisasi grafik. Group Responden A mencatatkan skor tertinggi untuk Financial Driven (F driven) dan Physical Driven (P driven) dengan persentase masing-masing sebesar 29% dan 28%. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen dalam kelompok ini lebih memprioritaskan pertimbangan finansial dan aspek fisik dalam pengambilan keputusan pembelian mereka. Di sisi lain, Group Responden B menunjukkan skor tertinggi untuk Inner Driven (I driven) dan Financial Driven (F driven) dengan persentase 31% dan 25%, mengindikasikan bahwa konsumen dalam kelompok ini lebih terdorong oleh motivasi internal dan pencarian makna dalam pembelian mereka, meskipun tetap mempertimbangkan aspek finansial. Dengan demikian, pemahaman yang mendalam tentang preferensi ini dapat membantu UMKM dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan konsumen

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmari

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Didalam suatu perusahaan selalu yang diinginkan adalah mendapatkan laba semaksimal mungkin. Untuk mencapai tersebut di dalam suatu perusahaan terutama pada perusahaan yang bergerak dibidang penjualan dan kredit. Perputaran kas salah satu untuk mendapatkan laba dalam perusahaan yang signifikan dimana ...