Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektivan multimedia pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tenggulangharjo dan SDN Mangunharjo 01. Penelitian ini dilakukan pada siswa – siswi kelas lima SDN Tenggulangharjo dan SDN Mangunharjo 01 sejumlah 38 siswa. Metode dalam penelitian menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) yang mengarah pada bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data peningkatan hasil belajar menggunakan uji N-Gain, Nilai N-Gain dikategorikan menjadi tiga, yaitu: tinggi (> 0,7), sedang (0,3–0,7), dan rendah (< 0,3). Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 0,6803 dengan simpangan baku 0,23875. Nilai minimum N-Gain adalah 0,25, sedangkan nilai maksimum mencapai 1,00. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh, peningkatan hasil belajar termasuk dalam kategori sedang mendekati tinggi, yang berarti bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis android materi bumiku sayang bumiku malang sangat efektif dalam membantu siswa memahami materi bumiku sayang bumiku malang.
Copyrights © 2025