Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi corak pendidikan teologis dalam Tafsir al-Kabir wa Mafatih al-Ghaib karya ar-Razi serta relevansinya terhadap pendidikan Islam kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, menelaah struktur pemikiran dan pendekatan epistemologis yang digunakan ar-Razi dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an, khususnya yang berkaitan dengan aspek ketuhanan, keimanan, dan nalar keagamaan. Ar-Razi dikenal sebagai mufasir yang mengintegrasikan pendekatan rasional dan teologis, serta menjadikan akal sebagai mitra aktif wahyu dalam proses penafsiran. Penelitian ini menemukan bahwa tafsir ar-Razi menyajikan model pendidikan teologis yang kritis, argumentatif, dan reflektif, yang sangat relevan bagi pengembangan pendidikan Islam berbasis nilai, logika tauhid, dan penguatan akal. Implikasi dari corak pendidikan teologis dalam tafsir ini menunjukkan urgensi pembaruan model pendidikan Islam agar mampu menjawab tantangan zaman secara ilmiah dan spiritual tanpa kehilangan akar wahyu.
Copyrights © 2025