Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil karya fotografi prewedding yang dihasilkan oleh Ricky Jenaz dan dipublikasikan melalui Instagram dengan nama akun @RJ_Motret. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara langsung dan analisis deskriptif. Foto-foto yang menjadi objek penelitian diambil dari karya yang diunggah di Instagram pada tahun 2023 hingga 2024, yang meliputi tema seperti prewedding day, prewedding di Koto Gadang, Big Memories, Just Us Two, dan Lots Of Love Yola And Yogi. Untuk menganalisis karya-karya ini menggunakan teori visual fotografi dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa foto tersebut tidak hanya berfungsi sebagai sarana promosi tetapi juga sebagai dokumentasi dengan pendekatan artistik. Foto-foto yang dianalisis dapat dikategorikan sebagai karya fotografi prewedding berdasarkan fungsinya yang menarik perhatian dan nilai artistiknya yang menonjol. Karya-karya tersebut telah memenuhi kriteria fotografi komersial, meskipun begitu, karya-karya ini juga memiliki kekurangan yang dapat menjadi bahan pertimbangan sekaligus masukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan RJ_Motret di masa mendatang.
Copyrights © 2025