Al Iidara Balad : Jurnal Administrasi Negara
Vol. 7 No. 1 (2025): Al Iidara Balad

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR KELURAHAN PARINGIN KOTA KECAMATAN PARINGIN KABUPATEN BALANGAN

Noor , Muhamad Sofian (Unknown)
Munawarah, Munawarah (Unknown)
Baihaqi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2025

Abstract

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Paringin Kota Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan meliputi kepastian waktu penyelesaian pelayanan yang kurang baik, keahlian atau kemampuan Pegawai belum sesuai dengan tugas dan fungsinya dan masih banyaknya masyarakat tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Kelurahan Paringin Kota Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan dan besar pengaruhnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data angket, observasi dan dokumentasi, dan menggunakan teknik sampling insidental untuk penentuan sampel, metode analisis data meliputi kegiatan Membuat hipotesis dalam bentuk kalimat, menentukan taraf signifikan, pengujian hipotesis, Uji Serempak (F), Uji Determinasi dan uji regresi yang kemudian dibantu dengan aplikasi pengolah data statistik yakni IBM SPSS 26.0 Statistik For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Paringin Kota, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung = 37,652 yang lebih besar dari Ftabel = 4,00 pada taraf signifikan 5%. Koefisien regresi kualitas pelayanan sebesar 0,492 dengan signifikansi 0,000 (< 0,05), menunjukkan pengaruh yang signifikan. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat ditunjukkan oleh nilai R² sebesar 39%, sementara 61% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aliidarabalad

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Governance, Leadership, Public organizations, Public policy, Public service, Management, Law ethics, Bureaucratic administration and government. Human ...