Al Iidara Balad : Jurnal Administrasi Negara
Vol. 7 No. 1 (2025): Al Iidara Balad

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PERPANJANGAN SURAT TANDA NOMOR KENDARAAN (STNK) DI KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) MARTAPURA KOTA BANJARBARU

Hafifah, Siti Noor (Unknown)
Munawarah, Munawarah (Unknown)
Barkatullah , Barkatullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2025

Abstract

Kantor SAMSAT Martapura Kota Banjarbaru merupakan pelayanan untuk menerbitkan dan perpanjangan STNK. Permasalahan yang ditemukan: prosedur yang mengaharuskan masyarakat menggunakan KTP asal pemilik kendaraan mengakibatkan lambatnya proses perpanjangan, kurangnya fasilitas tunggu dan Praktik percaloan yang masih sering ditemui. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan masyarakat dalam perpanjang STNK di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Martapura Kota Banjarbaru peran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 10 informan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi maupun dokumen. Analisis data melalui kondensasi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik dalam perpanjangan STNK di kantor SAMSAT Martapura Kota Banjarbaru cukup baik dilihat dari: Pertama, Reliability (Kehandalan), indikator Pelayanan Yang Tepat dalam perpanjangan STNK sudah baik, indikator Pelayanan Yang Konsisten cukup baik pelayanan perpanjangan STNK buka setiap hari kerja. Kedua, Responsiviness (Daya Tanggap) indikator Ketanggapan dalam pelayanan sudah cukup baik sesuai dengan prosedur pelayanan pajak, indikator Kesanggupan cukup baik yang mana dalam penerimaan pajak Kantor SAMSAT menyediakan SAMSAT keliling. Ketiga, Assurance (Jaminan) indikator Jaminan kemudahan prosedur dalam pelayanan cukup baik di indikator Keterbukaan/ transparansi biaya sudah baik. Keempat, Empaty (Empati) indikator Penyesuaian Layanan sudah sesuai dengan SOP, indikator Tindakan Proaktif petugas di SAMSAT Martapura cukup baik. Kelima Tangibles (Bukti Fisik) indikator penampilan petugas cukup baik dan rapi, Fasilitas Fisik masih kurang baik karena masih kurang fasilitas tunggu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aliidarabalad

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Governance, Leadership, Public organizations, Public policy, Public service, Management, Law ethics, Bureaucratic administration and government. Human ...