Jurnal Multidisiplin West Science
Vol 4 No 08 (2025): Jurnal Multidisiplin West Science

Peran Stratejik Analisis Kohort Kesetiaan Pelanggan Daring

Atmoko, Waluyo Budi (Unknown)
Yulandari, Ariefah (Unknown)
Kartika Putri, Nissa Aprilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2025

Abstract

Pelanggan daring pada generasi X, Y, dan Z. Studi literatur menyatakan bahwa kesetiaan pelanggan daring terkait erat dengan konstruk kepuasan pelanggan daring, pengiriman, variasi produk, dan kualitas pelayanan. Penelitian dilakukan menggunakan desain survei. Populasi dan sampel adalah generasi X, Y, dan Z yang melakukan belanja daring di marketplace. Data sampel berukuran 555 responden dari tiga generasi yang dikumpulkan dengan teknik penyampelan purposive dan dianalisis dengan pemodelan persamaan structural SEM (structural equation modelling). Hasil penelitian adalah: Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada generasi X, Y, dan Z. Variasi produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada generasi Y, namun tidak pada generasi X dan Z. Pengiriman berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada generasi Z, namun tidak pada generasi X dan generasi Z. Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap kesetiaan pelanggan daring pada generasi X, Y, dan Z. Hasil penelitian ini pemasar marketplace perlu fokus pada karakteristik generasi X, Y, dan Z dalam strategi membangun kesetiaan pelanggan daring.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmws

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, Ekonomi Bisnis , Koperasi & Perbankan, Ekonomi Syariah, Ekonomi Pembangunan, Pengembangan SDM, Perpajakan dan Asuransi Niaga. Jurnal ini diterbitkan oleh West Science ...