Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang secara spesifik berfokus pada pembangunan spiritualitas, etika, dan karakter peserta didik. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis, penelitian ini mengkaji literatur dan dokumen kurikulum untuk memahami bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya melalui konsep Capaian Pembelajaran (CP), memberikan kebebasan kepada guru PAK untuk merancang pembelajaran yang lebih kreatif, relevan, dan berpusat pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka tidak hanya menyediakan kerangka kerja yang fleksibel, tetapi juga menjadi instrumen transformatif yang memungkinkan pembelajaran PAK melampaui batas-batas kognitif. Implementasinya mendorong siswa untuk mengaplikasikan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan nyata melalui proyek-proyek dan aktivitas praktis, sehingga secara efektif membangun spiritualitas, etika, dan karakter yang kokoh. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka dinilai sebagai langkah progresif dalam pendidikan yang mampu menghasilkan generasi yang cerdas secara intelektual, matang secara spiritual, dan berkarakter mulia.
Copyrights © 2025