Pembelajaran konvensional mengenai konsep ekologi yang abstrak, seperti rantai makanan, seringkali menjadi tantangan bagi siswa Sekolah Dasar (SD) kelas V, yang dapat mengakibatkan rendahnya motivasi dan pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (User Interface - UI) sebuah aplikasi pembelajaran berbasis mobile yang inovatif untuk mengatasi masalah tersebut. Metode perancangan yang digunakan adalah Design Thinking, sebuah pendekatan yang berpusat pada pengguna dan terdiri dari lima tahapan: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Aplikasi yang dirancang mengintegrasikan tiga fitur utama: materi pembelajaran interaktif, kuis evaluatif, dan minigames yang edukatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Proses perancangan menghasilkan sebuah prototipe interaktif berketelitian tinggi (high-fidelity) yang kemudian diuji pada target pengguna. Hasil uji ketergunaan (usability testing) menunjukkan respons yang sangat positif dari siswa, yang mengindikasikan bahwa desain aplikasi berhasil memenuhi kebutuhan dan preferensi mereka, serta efektif dalam menyajikan materi pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan teknologi pendidikan dengan menyajikan model perancangan aplikasi pembelajaran IPA yang interaktif dan menarik bagi anak-anak
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025