Jurnal Bisnis Kompetitif
Vol 4 No 2 (2025): Jurnal Bisnis Kompetif (JBK)

ANALISIS ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE

Sundari, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Online customer review dan Online Customer rating dalam mempengaruhi konsumen untuk mengambil keputusan pembelian pada marketplace shopee. Online Customer review pada Shopee membuat lebih mudah untuk mencari dan menemukan informasi mengenai produk, Online Customer Rating pada Shopee diberikan secara Profesional dalam menilai produk. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif regresi dengan menyebar kuesioner berupa google form melalui group whatsapp kepada mahasiswa yang pernah berbelanja di marketplace shopee. Sebanyak 42 orang mahasiswa menjadi responden dalam penelitian ini dan hasilnya nilai R squared (R2) sebesar 0,627 menunjukkan bahwa 62,7% variasi dalam keputusan pembelian di shopee dapat dijelaskan oleh kedua variable bebas, yaitu review produk dan rating produk. Sisanya sebesar 37,3 %, dijelaskan oleh factor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bisniskompetif

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis Kompetif diterbitkan oleh Komunitas Manajemen Kompetitif. Jurnal ini diterbitkan tiga kali pada bulan Maret, Juli dan Nopember. Ini berisi artikel-artikel seperti karya ilmiah (riset dan non-penelitian), studi analitis, aplikasi teoritis dan ulasan masalah bisnis. Penerbitan jurnal ini ...