Penelitian ini menganalisis pengaruh penggunaan tutup bak dan deflektor angin terhadap koefisien drag (Cd) pada truk menggunakan simulasi terowongan angin. Penelitian meliputi empat konfigurasi: truk tanpa modifikasi, truk dengan tutup bak, truk dengan deflektor angin, dan kombinasi keduanya. Variabel bebas meliputi jenis modifikasi dan kecepatan angin (7 m/s, 8,5 m/s, 10 m/s), sedangkan variabel yang terikat adalah nilai koefisien drag (Cd). Hasil percobaan menunjukkan bahwa kombinasi tutup bak dan deflektor angin memberikan penurunan Cd paling signifikan hingga 34% dibandingkan kondisi tanpa modifikasi, diikuti oleh penggunaan individu tutup bak (16%) dan deflektor angin (24%). Penurunan CD ini mengurangi gaya drag secara signifikan, meningkatkan efisiensi aerodinamika, serta mengurangi konsumsi bahan bakar. Dengan demikian, modifikasi ini direkomendasikan sebagai solusi praktis untuk meningkatkan efisiensi kendaraan niaga dan mendukung ekosistem.
Copyrights © 2025