IJED
Vol. 10 No. 1 (2025): Journal Al-Ibanah

Corak Pendidikan Teologis dalam Tafsir al-Kabir wa Mafatih al-Ghaib

Alijaya, Adudin (Unknown)
Narlina (Unknown)
Maulida, Nuroh (Unknown)
Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi corak pendidikan teologis dalam Tafsir al-Kabir wa Mafatih al-Ghaib karya ar-Razi serta relevansinya terhadap pendidikan Islam kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, menelaah struktur pemikiran dan pendekatan epistemologis yang digunakan ar-Razi dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an, khususnya yang berkaitan dengan aspek ketuhanan, keimanan, dan nalar keagamaan. Ar-Razi dikenal sebagai mufasir yang mengintegrasikan pendekatan rasional dan teologis, serta menjadikan akal sebagai mitra aktif wahyu dalam proses penafsiran. Penelitian ini menemukan bahwa tafsir ar-Razi menyajikan model pendidikan teologis yang kritis, argumentatif, dan reflektif, yang sangat relevan bagi pengembangan pendidikan Islam berbasis nilai, logika tauhid, dan penguatan akal. Implikasi dari corak pendidikan teologis dalam tafsir ini menunjukkan urgensi pembaruan model pendidikan Islam agar mampu menjawab tantangan zaman secara ilmiah dan spiritual tanpa kehilangan akar wahyu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ibanah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

IJED: Islamic Journal of Education is the leading journal in Islamic educational institutions concerning Islamic education. Islamic Journal of Education promotes research and scholarly discussion concerning the education practices in Islamic educational institutions internationally, both formal and ...