Salah satu kebijakan Kurikulum Merdeka yang telah diterapkan hingga saat ini adalah mata pelajaran IPA dan IPS untuk SD digabung menjadi satu mata pelajaran yang disebut dengan mata pelajaran IPAS. Penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran IPAS merupakan upaya yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan proses interaksi antara guru dengan siswa dan interaksi antara siswa dengan lingkungan belajarnya. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah 1) untuk menghasilkan media pembelajaran yang interaktif dalam proses pembelajaran IPAS, 2) mengetahui perkembangan respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan dalam bentuk lagu. Penelitian yang akan dilakukan merupakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan model Borg and Gall. Penelitian ini menghasilkan suatu produk luaran tertentu berupa lagu sebagai media pembelajaran bebasis media audio-visual IPAS BAB 4 materi ‘Mengenal Bumi’ kelas V. Hasil penelitian diperoleh melalui angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil angket respon guru diperoleh presentase sebesar 90,7% dan termasuk kedalam kriteria kualitas “Sangat Menarik”. Kemudian dari hasil perhitungan angket respon siswa diperoleh presentase sebesar 90,1% dan termasuk kedalam kriteria kualitas “Sangat Menarik”. Kesimpulannya bahwa media pembelajaran dalam bentuk lagu berbasis media audio-visual pada muatan pelajaran IPAS BAB 4 ‘Mengenal Bumi’ kelas V sangat menarik digunakan dalam pembelajaran IPAS BAB 4 materi ‘Mengenal Bumi’.
Copyrights © 2025