Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer)
Vol 24 No 2 (2025): Agustus 2025

Perancangan Aplikasi Pengenalan Game Tentang Icon Kota Menggunakan Construct Pada SDN Patra Manggala 2

Fajarianto, Harfi (Unknown)
Halim, Abdul (Unknown)
Rudianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Pembelajaran mengenai ikon-ikon kota di sekolah dasar seringkali kurang menarik karena hanya disampaikan melalui media konvensional seperti buku atau gambar statis, sehingga siswa cenderung cepat merasa bosan dan kurang memahami materi. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi media pembelajaran interaktif pengenalan ikon kota yang dapat membantu siswa belajar dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Dalam tahap desain, digunakan pemodelan UML (Unified Modeling Language) untuk merancang alur interaksi aplikasi, serta dibuat tampilan antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi berhasil menampilkan materi pengenalan ikon kota yang dilengkapi dengan gambar dan kuis interaktif pilihan ganda. Berdasarkan pengujian blackbox, semua tombol dan fitur dalam aplikasi berjalan dengan baik sesuai fungsinya. Selain itu, uji coba pengguna (user testing) menunjukkan respon positif dari siswa dan guru dengan penilaian aplikasi dalam kategori "baik", sehingga aplikasi ini efektif digunakan sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jis

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Computer Science, Computer Engineering, and Informatics Computer Network Embedded System Computer Security Software Engineering (Software: Lifecycle, Management, Engineering Process, Engineering Tools and Methods) Programming (Programming Methodology and Paradigm) Data Engineering (Data and ...