Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha
Vol. 3 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha

KIAT SUKSES BERBISNIS MELALUI PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS

Sutrischastini, Ary (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Etika bisnis merupakan seperangkat prinsip moral yang mengatur perilaku dalam dunia usaha. Penerapan etika bisnis menuntut perusahaan untuk jujur, bertanggungjawab dan bersifat transparan dalam menjalankan usahanya. Nilai-nilai inilah yang dapat membangun reputasi baik dan kepercayaan kepada semua pihak termasuk pelanggan (konsumen). Penerapan etika bisnis akan memberikan dampak positif terhadap keberlangsungan dan pertumbuhan usaha dalam jangka Panjang. Hal ini yang menjadi latar belakang kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan mengambil judul Kiat Sukses Berbisnis Melalui Penerapan Prinsip-prinsip Etika Bisnis. Kegiatan PkM dilakukan di Dasawisma Melati II Dusun Bodeh Desa Ambarketawang Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Yogyakarta pada tanggal 25 Oktober 2024. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi yang disampaikan pada saat pertemuan rutin Dasawisma Melati II. Kegiatan PkM dihadiri sebanyak 15 orang anggota Dasawisma Melati II. Kegiatan ini mendapat respon positif dari ibu-ibu anggota dasawisma dengan terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan terkait dengan etika bisnis. Dengan bertambahnya pengetahuan, pemahaman dan penerapan etika bisnis, diharapkan bisnis rumah tangga yang dilakukan ibu-ibu dasawisma dapat berkembang dengan lebih baik, keuntungan meningkat dan kesejahteraan meningkat pula.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian. JPM WW adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LP2M) STIE Widya Wiwaha. Fokus dan Ruang Lingkup Artikel yang ...