cover
Contact Name
Agung Slamet Prasetyo
Contact Email
jpm@stieww.ac.id
Phone
081904130177
Journal Mail Official
jpm@stieww.ac.id
Editorial Address
Jl. Lowanu Sorosutan UH VI / 20, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55162, Indonesia
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha
ISSN : -     EISSN : 30266297     DOI : -
Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian. JPM WW adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LP2M) STIE Widya Wiwaha. Fokus dan Ruang Lingkup Artikel yang dimuat dalam JPM WW adalah Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan, dan Pengembangan Masyarakat.
Articles 42 Documents
MEMBANGUN MINDSET DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA SMA PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM Sulastiningsih, Sulastiningsih; Prasetyo, Agung Slamet; Dewi, Nadia Ayu Saraswati; Ambarwati, Arum; Ramadhan, Maulana Fajar; Mulyani, Sri
Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha
Publisher : Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah suatu ilmu yang mengkaji tentang pengembangan dan pembangunan semangat kreativitas serta keberanian menanggung risiko terhadap pekerjaan yang dilakukan demi mewujudkan suatu hasil karya. Tujuan membangun mindset dan spirit dalam pengabdian masyarakat ini adalah membangun motivasi untuk mendorong siswa menjadi kreatif, inovatif serta dapat melihat peluang berwirausaha dan mengurangi pengangguran di masa depan. Masalah dari sulit berkembangnya wirausaha dari kalangan masyarakat muda adalah karena kurangnya motivasi, pengetahuan dan skill mengenai kewirausahaan, sehingga penting untuk menanamkan motivasi dan mindset kepada siswa sebagai generasi muda di masa mendatang. Tujuan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah memberikan pengetahuan serta motivasi mengenai kewirausahaan kepada Siswa Menengah Atas (SMA) Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim. Kegiatan program PKM ini dilakukan dengan metode presentasi, sosialisasi dan diskusi kepada siswa SMA Ibnul Qoyyim mengenai konsep, alur serta karakteristik spirit berwirausaha. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa memiliki minat dan motivasi yang tinggi untuk berwirausaha. Disisi lain, pengetahuan dan peran dukungan dari lembaga sekolah dan keluarga masih minim, siswa masih merasa bingung dan takut untuk memulai. Peran keluarga, masyarakat, lembaga pendidikan, pemerintah, dan swasta sangat dibutuhkan untuk membantu menciptakan wirausaha muda.
OPTIMALISASI MANAJEMEN DAN PEMBERDAYAAN SAMPAH PADA BANK SAMPAH BERKAH DAN BANK SAMPAH AKASIA DI KELURAHAN KOTABARU Asteria, Beta; Subkhan, Muhammad; Suhartono, Suhartono; NurAini, Fitri; Saniyya, Rona; Wuri, Pinilih Amerta
Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha
Publisher : Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah lingkungan yang paling dominan ialah permasalahan sampah. Penanganan yang optimal diperlukan dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah daerah. Penanganan sampah yang tidak serius dapat menyebabkan menimbulkan berbagai permasalah lingkungan hidup. Sampah yang tidak tertangani dengan baik dapat mengakibatkan banjir ,lingkungan yang tercemar, menyebabkan berbagai penyakit, TPS yang penuh dan terjadinya pemanasan global akibat gas metan dari sampah. Dengan adanya permasalah tersebut tim Pengabdian Masyarakat STIE Widya Wiwaha melakukan pengabdian dengan judul Optimalisasi Manajemen Sampah dan Pemberdayaan Sampah yang dilakukan dengan metode Penyuluhan dan Focus Group Discussion (FGD). Output yang diperoleh ialah pertama peserta Pengabdian Masyarakat memperoleh tambahan pengetahuan dan wawasan tentang Manajemen Pengelolaan Sampah yang optimal. Kedua peserta Pengabdian Masyarakat memperoleh tambahan pengetahuan dan wawasan tentang sambah organik dicacah dengan mesin pencacah sampah dan mempersingkat proses pembuatan kompos. Kompos dapat digunakan sebagai pupuk oleh Kelompok Tani yang ada di Kelurahan Kotabaru. Berdasarkan Focus Group Discussion (FGD) baik Bank Sampah Berkah maupun Bank Sampai Akasia sudah melakukan proses Planning, Organizing, Accuating dan Controling sudah berjalan dengan baik. Dengan adanya transfer knowledge dan juga pemberian mesin pencacah sampah organik dan non organik dapat semakin mengoptimalkan Manajemen dan Pemberdayaan Sampah di Bank Sampah Berkah dan Bank Sampah Akasia yang berada di Lingkungan Kelurahan Kotabaru.
PELATIHAN MANAJEMEN OPERASI GUNA MENINGKATKAN KAPASITAS PRODUKSI PADA KIKIM KONVEKSI Wahyuningtyas, Yunita Fitri; Syaflan, Meidi; Budiyati, Kuntari; Fajar, Rizki Nur; Sari, Elina Kartika; Ambarwati, Lilik; Tjahjono, Achmad
Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha
Publisher : Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perusahaan Kikim Konveksi adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi berbagai macam pakaian. Sebagai sebuah perusahaan bisnis, perusahaan menginginkan untuk terus berkembang demi bisa memenuhi kebutuhan pasar. Kegiatan pelatihan diadakan dengan mengumpulkan para pegawai perusahaan dan menganalisis proses produksi dan studi kasus pada kesalahan-kesalahan yang mengganggu produksi. Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan bisa memenuhi target kerja yang ditetapkan oleh manajemen dengan mengurangi kesalahan yang biasa terjadi di lingkungan kerjanya sehingga produksi menjadi lebih efektif dan efisien.
SOSIALISASI E-MARKETING UNTUK PELAKU USAHA RUMAHAN BAGI IBU-IBU RUMAH TANGGA DASAWISMA MELATI RT.12 TRIMULYO BANTUL Damayanti, Dila; Indrayani, Reny Uly; Prastiwi, Mia Indah; Nisa, Ainun; Afifa, Rachmawati Ayu; Ziun, Muchammad Tahtoch; Kundala, Manendha Maganitri; Mahsun, Mohammad
Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha
Publisher : Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk menggerakkan ibu-ibu rumah tangga khususnya yang berada di wilayah Dasawisma Melati RT 12 Perumahan Bumu Trimulyo Bantul dalam meningkatkan minat berwirausaha. Fokus pengabdian adalah memberikan pemahaman kepada mitra terkait kemudahan berwirausaha di Era Digital. Dengan pemanfaatan tekhnologi internet dapat mempermudah aktivitas penawaran dan jual beli secara online. Target luaran yang diharapkan dalam kegiatan pengabdian adalah pemahaman mitra untuk berwirausaha dengan memanfaatkan tekhnologi melalui pemasaran elektronik (e-marketing). Dengan adanya pemahaman akan pemanfaatan tekhnologi dalam berwirausaha maka akan muncul minat untuk memulai berwirausaha. Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang telah diadakan pada hari Minggu, tanggal 13 Februari 2022 ini pada dasarnya dilakukan untuk mensosialisasikan penggunaan media digital di kalangan ibu-ibu Dasawisma Melati RT 12 Perumahan Bumi Trimulyo Permai, Bantul. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode klasikal selama 1,5 jam berupa penyampaian materi pemanfaatan media digital untuk memasarkan produk guna semakin memotivasi ibu-ibu menjadi ibu rumah tangga yang mandiri dengan berwirausaha
MARKETING 4.0: FASHION MARKETING Wikaningtyas, Suci Utami; Kasih, Annisa Tiara; Anjari, Tiyas; Maliki, Zidan; Khabibah, Yuliyani; Setia, Muda; Yulianto, Prafidhya Dwi; Zulkifli, Zulkifli
Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha
Publisher : Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jumlah UMKM di Kota Yogyakarta meningkat pesat, hal ini memberikan manfaat pada perekonomian baik bagi oelaku usaha, pemerintah, dan masyarakat, tetapi tingkat persaingan menjadi sangat ketat. Yuniq Collection sebagai UMKM yang bergerak di bidang fashion, mengalami ingat penjualan yang fluktuatif, sulit mencapai target. Di tengah perubahan lingkungan yang luar biasa ini, peran strategi pemasaran sangat penting. Pemasaran yang dilakukan Yuniq berada pada marketing 2.0, yang ditunjukkan melalui hasil jawaban kuesioner dengan nilai 4. Padahal saat ini lebih tepat menerapkan marketing 4.0. Maka metode pengadian ini dilakukan dengan wawancara mendalam, pelatihan dan diskusi antara pengabdi dengan pemilik Yuniq Collection. Tolok ukur keberhasilan melalui nilai hasil jawaban kuesioner, 24 item pertanyaan, dengan 6 skala likert. Adapun tujuan pengabdian ini adalah mengukur seberapa tinggi: (1) tingkat pemahaman perkembangan marketing bagi pemilik Yuniq Collection, (2) tingkat pemahaman segmentation, targeting dan positioning usahanya, dan (3) tingkat pemahaman mengenai strategi marketing mix. Hasil jawaban kuesioner menunjukkan peningkatan dari nilai 4 menjadi 5 untuk mengukur tujuan no 1, peningkatan 4 menjadi 6 untuk mengukur tujuan 2 dan 3. Untuk mengimplementasikan marketing 4.0 ini, Yuniq Collection harus menghadapi kendala perubahan teknologi yang sangat pesat dan perubahan selera konsumen, maka konsep lima A bisa diterapkan
PENYULUHAN PEMBENTUKAN BANK SAMPAH RUMAH TANGGA DI DESA SALAKAN, BANGUNHARJO, SEWON, KAB. BANTUL, DIY Chasanah, Uswatun; Mathori, Muhammad; Nasikhah, Atiun; Juraifa, Syalwa Anindya; Adrian, Firman Ardi; Rochman, Abdul
Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha
Publisher : Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sampah yang tidak dikelola dengan baik seperti ditimbun atau dibuang sembarangan akan menimbulkan persoalan besar dikemudian hari. Penumpukan sampah akan berakibat tidak saja bagi kebersihan namun akan berpengaruh juga bagi kesehatan dan nilai estetika sebuah lingkungan. Pengelolaan sampah melalui pembentukan Bank Sampah di Salakan, Bangunharjo, Sewon, Bantul, DIY dimaksudkan untuk memberikan edukasi bagi masyarakat agar mampu mengelola sampah dengan baik. Edukasi dilakukan berdasarkan fakta bahwa limbah rumah tangga berkontribusi paling signifikan dalam jumlah sampah total yang ada di Indonesia, tidak terkecuali sampah di Salakan tersebut. Sampai sejauh ini masalah sampah yang ada di lokasi mitra memprihatinkan, baik jumlah maupun pengelolaannya. Alternatif pengelolaan yang ditawarkan dalam pengabdian ini adalah pembentukan Bank Sampah yang nantinya akan memberikan manfaat baik ekonomis maupun non ekonomis bagi warga mitra. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah ibu-ibu warga Salakan, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Metode kegiatan pengabdian masyarakat menggunakan ceramah dan diskusi aktif dengan warga. Langkah-langkah kegiatan pengabdian adalah pertama menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan konsep lingkungan hidup dan pengetahuan tentang sampah, jenis-jenisnya, pengelompokan sampah, peran ibu-ibu dalam pengelolaan sampah, nilai ekonomi sampah dan bank sampah. Kedua, diskusi dan paparan contoh-contoh pengelolaan sampah. Faktor pendukung pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah ibu-ibu RT dan warga yang antusias serta mengharap ada kelanjutan dari kegiatan ini. Secara umum dapart dikatakan kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik, dilihat dari antusiasme warga mitra dan jumlah peserta yang hadir. Keterbatasan kegiatan ini adalah waktu pelaksanaan pengabdian terbatas dan ada sebagian warga yang sudah lanjut usia sehingga kurang aktif pada saat diskusi. Kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama ibu-ibu yang memang belum pernah mendapatkan penyuluhan pengelolaan sampah dan pembentukan bank sampah.
PENINGKATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MELALUI PROGRAM SIBAKUL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Priyastiwi, Priyastiwi; Widiastuti, Nur; Agustin SW, Fitria; Cahyadi, Rizal Rahmat; Laili, Ina Rizqia; Prihamboro, Nugroho; Kristiyani, Anik
Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha
Publisher : Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai pemasaran digital kepada para UMKM, sehingga dapat memasarkan barang dan jasa yang dihasilkan melalui web yang tersedia pada MarketHUB Sibakul. SiBakul Jogja adalah sistem informasi untuk membina koperasi dan UMKM DIY. Program ini merupakan model digitalisasi pembinaan sirkular DISKOP UKM DIY untuk pelaku koperasi dan UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. SiBakul MarketHUB adalah layanan untuk UKM yang sudah menjadi mitra SiBakul dan ingin mendapatkan dukungan pemasaran dengan biaya bebas. SiBakul MarketHUB menawarkan konsultasi bisnis, pelatihan, pendampingan, gratis ongkir, dan promosi online. Para UMKM dapat memanfaatkan fitur dan fungsi MarketHUB Sibakul untuk mengelola konten, mengoptimalkan kinerja, dan melakukan tugas administratif dan pemeliharaan dasar. Hasil akhir dari kegiatan ini dapat dapat membantu UMKM memperkenalkan produknya secara online sehingga dapat memperluas pasar, UMKM yang bergabung dalam Sibakul dapat meningkatkan pendapatannya melalui penggunaan teknologi informasi.
Tantangan Rumah Tangga Cerdas Financial di Era Digital: Sebuah Literasi Keuangan Insiatiningsih, Insiatiningsih; Widyayanti, Evi Rosalina; Setyowati, Hasanah; Sulistyowati, Emi Eko; Prastika, Meydina Yossi; Anindya, Farsa Budi
Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha
Publisher : Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perencanaan keuangan keluarga adalah proses menyusun strategi dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengelola keuangan sehari-hari, untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang, serta melindungi keuangan keluarga dari risiko dan ketidakpastian. Tujuan tantangan rumah tangga yang cerdas financial di era digital dalam PKM ini adalah untuk memberikan pemahaman akan pentingnya perencanaan keuangan keluarga di era digital, sehingga keluarga dapat merencanakan dan mengatur keuangan agar tercapai kestabilan keuangan, juga agar perencanaan keuangan dapat lebih teroganisir, dan efisien. Munculnya informasi terkait Pinjaman Online (Pinjol) yang masif dengan tawaran yang menggiurkan sangat merugikan masyarakat. Hal ini diperparah dengan minimnya literasi manajemen keuangan untuk kehidupan dan investasi masa depan di masyarakat. Kegiatan program PKM ini dilakukan dengan metode ceramah, presentasi, tanya jawab dan diskusi kepada seluruh anggota penggerak PKK Kalurahan Merdikorejo Tempel Sleman mengenai tantangan rumah tangga cerdas financial di era digital. Para peserta sangat antusias terhadap pengetahuan dan pemahaman menyangkut financial dan perencanaan keuangan keluarga era digital yang meliputi pemahaman tentang fintech, pendapatan, pengeluaran keluarga, pengelolaan hutang, investasi, perlindungan penghasilan dan asset, juga tentang perencanaan pensiun. Diperlukan kesadaran dan kedisiplinan yang tinggi agar tidak terjebak dalam gaya hidup konsumtif, yang akibatnya bisa mengganggu kondisi finansial keluarga.
Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM Becik Keramik Chasanah, Uswatun; Mathori, Muhammad; Hamid, Mudasetia; Widayani, Hartanti; Sermi, Sermi; Hawa, Alifya Nur
Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha
Publisher : Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Produk yang tidak dikelola dengan baik akan berakibat kurang menarik bagi pembeli. Salah satu bentuk nyata dari pengelolaan produk adalah melalui penggunaan kemasan dengan baik, menarik dan sehat. Selama ini kesadaran pentingnya kemasan masih rendah terutama pada pengusaha kecil (UMKM). Pemahaman mereka pada kemasan masih terbatas pada wadah atau bungkus yang kalau sudah tidak terpakai akan dibuang. Mengenal macam-macam kemasan, teknologi dan bentuk-bentuk kemasan yang ada dan berkembang saat ini masih jauh dari pemahaman UMKM sehingga kemasan produk ala kadarnya. Pelatihan desain dan kemasan produk bertujuan memberikan edukasi bagi pengusaha kecil agar memiliki daya saing dalam mengembangkan dan meningkatkan penjualan, serta mengangkat kesejahteraan perekonomian UMKM dan warga sekitar. Target jangka panjang pelatihan terbentuk embrio rumah kemasan yang menjadi wadah kerjasama dan media belajar pengusaha kecil dalam desain produk dan kemasan. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat UMKM Becik Keramik, Tegal Senggotan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul , DIY. Metode kegiatan pengabdian masyarakat menggunakan diskusi dan sharing dengan mitra. Secara umum dapat dikatakan kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik dilihat dari antusiasme mitra. Keterbatasan kegiatan masalah waktu pelaksanaan pengabdian terbatas dan mensinkronkan waktu dengan mitra. Kegiatan pengabdian dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran UMKM yang memang belum pernah mendapatkan pelatihan tentang desain dan kemasan produk.
Upaya Meningkatkan Daya Saing Melalui Strategi Bisnis Sofiati, Sofiati; Sutrischastini, Ary; Gusti, Yenni Kurnia; Kurniawan, Joan; Laksamana, Anggi; Setyawati, Naini
Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha
Publisher : Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Wiwaha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gudeg sebagai makanan khas Yogyakarta adalah magnet bagi banyak wisatawan dan ini sangat berdampak pada meningkatnya persaingan bisnis kuliner Gudeg di Kota Yogyakarta. Persaingan adalah inti dari keberhasilan atau justru kegagalan dalam bisnis Gudeg di kota Yogyakarta. Hal inilah yang mendasari pengabdian ini dilakukan bersama pelaku usaha kuliner makanan Gudeg Plengkung Bu Eti dengan tujuan mengedukasi, meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam membuat strategi bisnis dan kemampuan meningkatkan daya saingnya. Metode pelaksanaan kegiatan melalui wawancara awal untuk menggali permasalahan, penyuluhan dengan pembekalan materi disertai diskusi, dan implementasi dengan bermain peran bersama peserta Bu Eti dan beberapa karyawannya. Hasilnya, peserta sangat antusias selama kegiatan berlangsung. Hal ini ditunjukkan dengan keaktifan dalam diskusi merumuskan tiga strategi generik (generic strategic) maupun implementasinya melalui strategi efisiensi biaya (cost efficient), strategi diferensiasi produk (product differentiation), dan strategi segmen spesifik (focus) dikombinasikan dengan strategi bisnis yang selama ini sudah berjalan. Demikian juga pada praktek bermain peran meningkatkan keunggulan bersaing peserta dengan motivasi yang tinggi mampu menunjukkan menciptakan daya saing agar daya saingnya meningkat dibanding bisnis Gudeg pesaing. Hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan peningkatan pada efisiensi dan efektivitas bisnis Gudeg meskipun belum 100% mengingat keterbatasan waktu peserta ditengah kesibukan kerja. Dengan demikian program kegiatan ini diharapkan berlanjut.