Indonesia Economic Journal
Vol. 1 No. 2 (2025): DESEMBER (in progress)

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan UMKM Morfeen di Kota Malang

Yofianda Harwin Diara (Unknown)
Lina Budiarti (Unknown)
Fullchis Nurtjahjani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2025

Abstract

Industri kreatif berkembang pesat, termasuk bisnis kaos distro di bidang fashion. UMKM Morfeen di Kota Malang merupakan salah satu brand lokal yang mampu bertahan dalam persaingan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan keragaman produk terhadap kepuasan pelanggan UMKM Morfeen.Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis explanatory research. Sampel diambil secara purposive sampling melalui kuesioner online kepada 100 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan keragaman produk memberikan kontribusi sebesar 44,4% terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Keragaman produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian, kualitas pelayanan dan keragaman produk secara simultan keduanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. UMKM Morfeen disarankan untuk mempertahankan kualitas pelayanan serta memastikan kenyamanan bagi pelanggan dan meningkatkan variasi produk dalam kategori yang paling banyak dicari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

iej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Accepts research articles, both empirical studies and literature studies that focus on the fields of Economics, Accounting and ...