Indonesia Economic Journal
Vol. 1 No. 2 (2025): JULI-DESEMBER

Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Express Harjamukti

Fikih (Unknown)
Pebi Kurniawan (Unknown)
Tedy Kustandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

Shopee Express menjadi sorotan karena sering terlambat dalam pengiriman paket. Kondisi tersebut menimbulkan banyak keluhan pelanggan terkait keterlambatan dan kualitas layanan, yang akhirnya berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ketepatan waktu pengiriman serta kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Shopee Express Harjamukti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random sampling dengan 93 responden pengguna Shopee Express Harjamukti. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan alat analisisnya adalah SPSS 25. Hasil olah data pada  variabel  ketepatan  waktu nilai  thitung (2,532)  dan  ttabel (1,98447)  dengan  nilai  signifikansi  0,013<0,05 dan hasil olah data pada variabel kepuasan pelanggan  nilai  thitung (7,652)  dan  ttabel  (1,98447) dengan  nilai  signifikansi  0,00<0,05 artinya terdapat pengaruh ketepatan waktu pengiriman dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Shopee Express Harjamukti. variabel  bebas  memberikan  pengaruh  terhadap  variabel  terikat  sebesar 72,1% sedangkan sisanya 27,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

iej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Accepts research articles, both empirical studies and literature studies that focus on the fields of Economics, Accounting and ...